Yang Telah Berlalu Biarlah Berlalu


"Sukses! Semangat Usaha Meskipun Situasi ...
“Sukses! Semangat Usaha Meskipun Situasi Semakin Sulit” (Photo credit: Akinini.com)

Mengingat dan mengenang masa lalu, kemudian bersedih atas nestapa dan kegagalan di dalamnya merupakan tindakan bodoh dan gila. Itu sama artinya dengan membunuh semangat memupus tekad dan mengubur masa depan yang belum terjadi.

Bagi orang yang berpikir, berkas-berkas masa lalu akan dilipat dan tak pernah dilihat kembali. Cukup ditutup rapat, lalu disimpan dalam ruang penglupaan, diikat dengan tali yang kuat dalam penjara pengacuhan selamanya. Atau diletakkan pada ruang yang gelap yang tak tertembus cahaya. Yang demikian karena masa lalu telah berlalu dan habis. Kesedihan tak akan mampu mengembalikannya lagi, keresahan tak sanggup memperbaikinya kembali, kegundahan tak akan mampu mengubahnya menjadi tenang dan kegalauan tidak akan dapat menghidupkannya kembali karena ia memang sudah tidak ada.

Membaca kembali lembaran masa lalu hanya akan memupuskan masa depan, mengendorkan semangat dan menyia-nyiakan waktu yang sangat berharga. Orang yang berusaha kembali ke masa lalu adalah tak ubahnya orang yang menumbuk tepung untuk orang yang menggergaji serbuk kayu.

Jika kamu berada di pagi hari, janganlah menunggu sore hari tiba. Hari inilah yang akan anda jalani, bukan hari kemarin yang telah berlalu dengan segala kebaikan dan keburukannya dan juga esok hari yang belum tentu datang. Hari yang saat ini mataharinya menyinari anda dan siangnya menyapa anda inilah hari anda.

Hari esok masih ada dalam alam ghaib dan belum turun ke bumi. Maka, tidak pantas menyeberangi jembatan sebelum sampai di atasnya. Sebab, siapa yang tahu bahwa kita akan sampai atau tidak pada jembatan itu. Bisa jadi akan terhenti jalan kita sebelum sampai ke jembatan itu atau mungkin pada jembatan itu hanyut terbawa arus terlebih dahulu sebelum kita sampai di atasnya. Dan bisa jadi pula, kita sampai pada jembatan itu dan kemudian menyeberanginya.

Silakan berikan gagasan mengenai tulisan ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s