Ingatlah Akhirat


Mengapa orang berbohong? Mengapa orang berbuat curang? Mengapa orang menipu, mencuri, merampok? Mengapa orang korupsi, kolusi, manipulasi? Mengapa orang berbuat buruk lainnya?
Jawabannya adalah karena mereka tak beriman. Lho?! Bukankah kita adalah bangsa yang anti-atheisme, kita adalah bangsa yang bertuhan dan beragama, dan tentunya beriman?
Cobalah dirasakan dari hati yang paling dalam, adakah kemajuan di sana ketika mengucapkan pengakuan “beriman” itu tadi? Karena itulah Allah menyatakan bahwa iman itu jangan dikatakan. Iman itu harus dibuktikan, kalau ingin diakuiNya. karena itulah, Dia selalu menempatkan keimanan kepada akhirat, senantiasa menyertai keimanan pada Allah swt sendiri. sementara rukun iman yang lain jarang disebutkan. Tentu ini bukan berarti rukun-rukun iman yang lain tidak penting, tetapi hal itu lebih menunjukkan makna pentingnya beriman pada hari akhir.
Ia adalah muara dari semua perilaku manusia. Di sanalah adanya kebangkitan setelah kematian. Di sanalah ada perhitungan dan timbangan. Di sana pula ada pertanggungjawaban yang berkonsekuensi pada pahala dan dosa, surga dan neraka. Dan inilah pengendali perilaku yang utama. Di situ juga ada pendidikan pendewasaan.
Balasan kebaikan atau pahala menyebabkan orang mampu menunda pemenuhan kepuasan sesaat. Ia berpikir lebih panjang dan jauh ke depan. Ia tak mengejar acungan jempol ataupun penghargaan. Ia hanya berharap pahala. Ia ikhlas (bersih).

One thought on “Ingatlah Akhirat

  1. saya setuju bro, iman jgn di ucapkan saja tapi harus dibuktikan,
    hanya ketakwaanlah yg membedakan derajat manusia, mudah-mudahan saja para pemimpin bangsa, negara dan kita diberi hikmah dan hidayah-Nya .. amin

    visit back

Silakan berikan gagasan mengenai tulisan ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s